LEMBARAN SOAL
Mata Pelajaran : SEJARAH
Sat. Pendidikan : SMA
Kelas / Program : X ( SEPULUH )
PETUNJUK UMUM
1.
Tulis
nomor dan nama Anda pada lembar jawaban yang disediakan
2.
Periksa
dan bacalah soal dengan teliti sebelum Anda bekerja
3.
Kerjakanlah
soal anda pada lembar jawaban
5.
Periksalah
pekerjaan anda sebelum diserahkan kepada Pengawas
Pilihlah
jawaban yang paling tepat.
1.
Segala
masa lalu baik kehidupan maupun benda-benda peninggalan sebelum mengenal
tulisan tersebut……
a.
Sejarah d. Mitologi
b.
Prasejarah e. Fakta
c.
Legenda
2.
Istilah
sejarah berasal dari bahasa Arab, syajarotun yang berarti pohon, sedangkan ilmu
sejarah dalam bahasa Arab dikenal dengan istilah……
a.
Syariat d. Tarikh
b.
Hikayat e. Fikih
c.
Riwayat
3.
Sumber
sejarah berikut ini merupakan sumber tertulis, kecuali……
a.
Dokumen d. Surat Kabar
b.
Relief e. Kronik
c.
Babad
4.
Berikut
ini ciri – ciri peristiwa yang dapat di golongkan sebagai peristiwa sejarah, kecuali……
a.
Peristiwa
tersebut menyangkut kehidupan
manusia
b.
Peristiwa
tersebut terjadi di masa lampau
c.
Peristiwa
tersebut berpengaruh besar pada zamannya
d.
Peristiwa
tersebut hanya terjadi sekali
e.
Peristiwa
tersebut dapat berulang
Kembali
5.
Berikut
merupakan contoh – contoh dari karya sejarah berupa tradisi lisan yang di
kembangkan oleh masyarakat sebelum mengenal tulisan, kecuali……
a.
Legenda
asal usul masyarakat Pulau Nias
b.
Legenda
yang menceritakan kesaktian para wali
c.
Kisah
sejarah singasari dan majapahit yang terdapat dalam pararaton
d.
Legenda
asal usul masyarakat Tengger di sekitar Gunung Bromo, Jawa Timur
e.
Kitab
Babad Tanah Jawi
6.
Seorang
tokoh dari Yunani yang disebut sebagai “The
father of history” adalah…….
a.
Aristoteles d. Mataram
b.
Hipocrates e.Blambangan
c.
Cicero
7.
Kritik
Ekstern terhadap peninggalan sejarah di tujukan pada……
a.
Kebenaran
penyusunan kisah sejarah yang dilakukan oleh seorang sejarawan
b.
Memprediksi
suatu peninggalan sejarah
c.
Objektivitas
penyusunan kisah sejarah
d.
Keaslian
suatu peninggalan sejarah
e.
Isi
dari suatu peninggalan sejarah
8.
Yang
termasuk folklore setengah lisan adalah……
a.
Pakaian
adat, rumah adat
b.
Teater
rakyat, cerita rakyat
c.
Teater
rakyat, upacara tradisional
d.
Nyanyian
rakyat,puisi
e.
Pantun,
cerita rakyat
9.
Perbedaan
yang mendasar antara zaman prasejarah dengan zaman sejarah adalah…..
a.
Masalah
system religi
b.
Masalah
system pemerintahan
c.
Masalah
system ekonomi
d.
Masalah
tulisan
e.
Masalah
kebudayaan
10.
Istilah
sejarah berasal dari bahasa Arab yang mengandung pengertian sebuah pohon yang terus berkembang dari tingkat yang
sederhana ke tingkat yang lebih maju, Istilah yang di maksud adalah…..
a.
Geschict d. Hitoria
b.
Syajaratun e. History
c.
Geschiedenis
11.
Seorang guru yang sedang menjelaskan perang
paderi dikelas dapat digolongkan dalam proses sejarah sebagai……
a.
Ilmu d. Kisah
b.
Peristiwa e. Cermin
c.
Seni
12.
Peristiwa sejarah merupakan suatu perisitiwa
yang abadi, karena……
a.
Terjadi
pada masa lampau
b.
Terjadi
hanya satu kali
c.
Tidak
pernah berubah – ubah
d.
Memberi
gambaran masa lalu
e.
Menjadi
pedoman hidup manusia
13.
Belajar
sejarah sangat besar manfaatnya bagi suatu bangsa, karena…..
a.
Dapat
mengetahui kehidupan masa lalu
b.
Mengenal
peristiwa yang telah terjadi
c.
Mengenal
tokoh – tokoh yang menjadi pahlawan
bangsa
d.
Menjadi
pedoman bagi perjalanan bangsa
di masa datang
e.
Untuk
mengetahui gambaran kehidupan di masa datang
14.
Konsep
kronologis sangat diperlukan dalam mempelajari ilmu sejarah. konsep ini
bertujuan untuk……
a.
Menyeleksi
berbagai peristiwa
b.
Mengklasifikasikan
berbagai perisitiwa
c.
Mengurutkan
peristiwa bedasarakan tahun
d.
Mengungkapkan
berbagai perisitiwa
e.
Membuat
pedoman peristiwa penting
15.
Proklamasi
kemerdekaan Indonesia
pada tanggal 17 agustus 1945 merupakan suatu perisitiwa yang unik
karena…..
a.
Terjadi
dalam kehidupan manusia
b.
Menentukan
kehidupan orang banyak
c.
Tidak
berubah
d.
Menjadi
penghubung peristiwa lain
e.
Terjadi
hanya satu kali
16.
Segala
peristiwa masa lalu, baik kehidupan maupun benda – benda peninggalan sebelum
mengenal tulisan disebut…….
a.
Sejarah d. Mitologi
b.
Prasejarah e. Fakta
c.
Legenda
17.
Peristiwa sejarah merupakan suatu peristiwa
yang abadi karena…..
a.
Terjadi
pada masa lampau
b.
Terjadi
hanya satu kali
c.
Tidak pernah berubah – ubah
d.
Member gambaran masa lalu
e.
Menjadi pedoman hidup masyarakat
18.
“jangan
sesekali melupakan sejarah”, ungkapan ini sebagai pesan terhadap bangsa Indonesia
dari……
a.
Bung
Karno d. Bung Hatta
b.
Sutan
syahrir e. Bung Tomo
c.
H.O.S.
Cokrominoto
19.
Berikut
ini yang bukan termasuk contoh praktik pewarisan masyarakat yang belum mengenal
tulisan yang berlangsung pada masa sekarang adalah….
a.
Tradisi
bercocok tanam disawah
b.
Tradisi
membuat sesajen
c.
Tradisi
bercocok tanam di ladang
d.
Tradisi
mudik lebaran
e.
Tradisi
berlayar
20.
Bagian
tradisi lisan yang berisi cerita, kisah, adat istiadat, keagamaan, upacara
ritual,dan pengetahuan pada masyarakat di daerah tertentu disebut…..
a.
Legenda d.
Folklore
b.
Mitos e.
Hikayat
c.
Tambo
21.
Perhatikan data – data berikut:
1)
Nyi loro kidul
2)
Sangkuriang
3)
Dewi Sri
4)
Hang Tuah
5)
Malin Kundang
Berdasarkan
tabel di atas, cerita tradisional yang termasuk pada legenda adalah…..
a.
1, 3, dan 4 d.
2, 4, dan 5
b.
2, 3, dan 5 e.
1, 3, dan 5
c.
1,
4, dan 5
22.
Tradisi
masyarakat Indonesia
yang sudah mengenal tulisan diketahui dari penemuan ….
a.
Fosil d.
Folklore
b.
Artefak e.
Menhir
c.
Prasasti
23.
Adanya
perbedan pemahaman terhadap suatu peristiwa sejarah dari para saksi disebabkan
oleh…..
a.
Latar
belakang pengetahuan para saksi
b.
Sudut
pandang yang berbeda
c.
Pengamatan
para saksi
d.
Para saksi tidak menyangka akan
terjadinya peristiwa
e.
Para saksi terlalu berlebihan dalam mengungkapkan peristiwa
24.
Di
bawah ini yang bukan manfaat sejarah bagi kehidupan masyarakat adalah…..
a.
Membidik
berfikir praktis
b.
Memberikan
hiburan
c.
Memberikan hikmah
d.
Meningatkan
kesejahteraan rakyat
e.
Alat
menanamkan rasa nasonalisme
25.
Kepercayaan
nenek moyang bahwa setiap benda memiliki roh atau jiwa disebut…..
a.
Animisme d. Politeisme
b.
Dinamisme e. Sinkretisme
c.
Monoteisme
26.
Berikut
ini peristiwa yang dapat digolongkan sebagai peristiwa sejarah, kecuali……
a.
Peristiwa
tersebut menyangkut kehidupan
manusia
b.
Peristiwa
tersebut terjadi pada masa lampau
c.
Peristiwa
tersebut berpengaruh besar pada zamannya dan zaman-zaman berikutnya
d.
Peristiwa
tersebut terjadi berulang- ulang
e.
Peristiwa
tersebut hanya sekali terjadi
27.
Penulisan
sejarah yang tidak sesuai dengan urutan waktu sehingga menimbulkan pemahaman
yang keliru terhadapkisah sejarah, kecuali……
a.
Einmaligh
d. Historiografi
b.
Anakronisme e. Rekonstruksi
c.
Kontinuitas
28.
Manfaat-
manfaat yang dapat dipetik dari mempelajari sejarah adalah sebagai berikut, kecuali…..
a.
Kita
dapat menilai peristiwa-peristiwa yang merupakan keberhasilan dan
peristiwa-peristiwa yang merupakan ke gagalan
b.
Sejarah
dapat menjadi guru yang baik
c.
Sejarah
merupakan ingatan kolektif suatu bangsa yang dapat memperkokoh rasa cinta tanah air
d.
Kita
dapat meramal peristiwa-peristiwa yang akan terjadi pada masa yang akan datang
e.
Kita
dapat memberikan kesadaran akan waktu yang terus berjalan
29.
Berikut
ini merupakan bahan-bahan documenter, kecuali…..
a.
Naskah-
naskah kuno d. Laporan
b.
Piagam
peghargaan e. Arsip
c.
Artefak
30.
Seorang tokoh yang mengatakan bahwa, suatu
bangsa terbentuk karena adanya kesamaan sejarah besar pada masa lampau dan
adanya kesamaan keinginan untuk membuat sejarah besar pada masa yang akan
datang, adalah……
a.
Mac Iver d. Arnold Toynbee
b.
Ernest Renan
e. Alvin Toffler
c.
Otto
Bauer
31.
Kritik intern terhadap peninggalan sejarah
ditujukan pada……
a.
Isi dari suatu peninggalan sejarah
b.
Keaslian suatu peninggalan sejarah
c.
Ketuaan
suatu peninggalan sejarah
d.
Objektivitas penyusunan kisah sejarah
e.
Kebenaran penyusunan kisah sejarah yang
dilakukan oleh sejarawan
32.
Berikut
adalah 4 langkah yang harus di lakukan oleh seorang sejarawan dalam rangka
merekonstruksi peristiwa masa lalu, kecuali…..
a.
Heuristic
d. Interpretasi
b.
Kritik sumber e.
Hitoriografi
c.
Interview
33.
Ki
Pandang Arang menurut legenda setempat adalah seorang wali yang berasal dari
daerah…..
a.
Grabak, Magetan, Jawa Tengah
b.
Tembayat, klaten Selatan, Jawa Tengah
c.
Pemlaten,
Cirebon, Jawa
Barat
d.
Bagelan, kedu, Jawa Tengah
e.
Dekat alun-alun Kota Tegal
34.
Menurut
legenda masyarakat Jawa Timur yang di maksud dengan tokoh “Panji” adalah….
a.
Seorang pahlawan perang yang pilih tanding
b.
Seorang shaleh yang dalam
kehidupannya sering melakukan
keajaiban-keajaiban
c.
Seorang pangeran yang senantiasa
kehilangan istrinya
d.
Seorang pujangga pengarang cerita-cerita
rakyat
e.
Seorang anak yang durhaka terhadap orang
tuanya
35.
Menurut
legenda masyarakat Jawa Timur Roro Anteng dan Joko Seger sebagai asal usul
masyarakat Tengger di sekitar Gunung Bromo, merupakan putra-putri bangsawan
dari kerajaan….
a.
Kediri
d. Mataram
b.
Singasari e. Blambangan
c.
Majapahit
36.
Sejenis
cerita “Panji” yang berasal dari pulau bali adalah…….
a.
Bomakavya
b.
Calon Arang
c.
Jaya
Prana Ian Layonsari
d.
I kesuna Ian Bawang
e.
Pancatantra
37.
Kisah
sejenis Jayaprana dan Layonsari merupakan cerita yang dikenal di Jawa Timur dan
banyak dipahatkan pada candi- candi hindu dari kerajaan majapahit serta menjadi
kisah “Asal Mula Nama Kota Banyuwangi” adalah…..
a.
Ande- ande Lumut
b.
Joko Kendil
c.
Layang
Setto – Layang kumitir
d.
Sri Tanjung
e.
Arjuna Wiwaha
38.
Walaupun
telah menjadi wilayah taklukan mataram, sebagian besar wilayah pantai utara
Jawa telah memiliki penulisan sejarahnya sendiri, seperti dibawah ini, kecuali…..
a.
Babad
Kendal
b.
Babad
Tuban
c.
Babad
Semarang
d.
Babad
Pasuruan
e.
Babad
Pati
39.
Penentuan
wilayah dari sejarah lokal biasanya ditentukan oleh adanya kesamaan sebagai
berikut, kecuali…..
a.
Kebudayaan d. Pemimpin
b.
Suku
bangsa e. Agama
c.
Bahasa
40.
Usaha
penulisan silsilah raja-raja mataram yang diawali darai periode manusia pertama
dan para nabi, diikuti dengan periode tokoh-tokoh kepahlawanan dari Mahabarata
dan Ramayana, raja legendaries Iskandar Agung turun kepada garis keturunan
raja-raja Mataram bertujuan untuk…….
a.
Menuliskan
asausul raja-raja Mataram
b.
Menaikan
kharisma raja-raja mataram diantara raja-raja lainnya
c.
Memberikan
legitimasi yang kuat terhadap kekuasaan raja-raja Mataram
d.
Meningkatkan
solidaritas dengan bangsa-bangsa
lainnya
e.
Sebagai
symbol kebesaran raja-raja Mataram
41.
Batas
perluasan pengaruh perang Diponegoro ke timur adalah daerah sekitar……
a.
Sungai
Bengawan Solo
b.
Sungai
Brantas
c.
Gunung
Lawu
d.
Gunung
Slamet
e.
Grobogan
42.
Dalam
kitab Pararaton Ken Arok digambarakan sebagai titisan Dewa Wisnu dan putra
dari…..
a.
Dewa
Brahma dengan Ken Endok
b.
Dewa
Brahma dengan Ken Dedes
c.
Dewa
brahma dengan Ken Umang
d.
Dewa
Siwa dengan Ken Dedes
e.
Dewa
Siwa dengan Ken Umang
43.
Sebagai
hasil karya tradisi lisan isi kitab Pararaton diragukan kebenarannya sehingga
keberadaan tokoh Ken Arok pun pernah disangsikan. Akan tetapi, keberadaan Ken
Arok tidak diragukan lagi setelah ditemukannya……
a.
Prasasti Gunung Buthak
b.
Prasasti brumbung
c.
Prasasti
Jiu
d.
Prasasti Mula
Malurung
e.
Prasasti Simpang
44.
NegaraKertagama
adalah sebuah historiografi tradisional hasil karya dari…..
a.
Empu
Tantular
b.
Empu
Panuluh
c.
Empu Prapanca
d.
Empu
Sedah
e.
Empu
Dharmaja
45.
Adanya penyimpangan kisah sejarah pada
historiografi tradisional hasil karya dari…..
a.
Tidak
menggunakan kaidah-kaidah metodologi penulisan yang ketat
b.
Adanya
subjektivitas yang besar untuk meningkatkan legitimasi
c.
Adanya
kreasi-kreasi baru untuk membuat kisah
sejarah lebih menarik
d.
Adanya
keinginan mengungkapkan hubungan supranatural yang sebenarnya antara manusia
dengan dewa
e.
Penulisan
pada umumnya pujangga kraton yang mendapat perintah dari rajanya
46.
Babad
Tanah Jawi sebuah karya sastra sejarah yang mengisahkan tentang Kerajaan
Mataram termasuk karya……
a.
Tradisi
lisan
b.
Legenda
c.
Historiografi
tradisional
d.
Historiografi
modern
e.
Historiografi
nasional
47.
Ciri
utama dari historiografi kolonial adalah……
a.
Menggunakan
metodologi penulisan yang ilmiah
b.
Berdasarkan
fakta-fakta dan data-data yang ditemukan dilapangan
c.
Penafsirannya
bersifat belanda sentries
d.
Berorientasi
untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan dari wilayah Indonesia yang diduduki
e.
Memanfaatkan
sumber-sumber historiografi
tradisional
48.
Apabila
historiografi tradisional digunakan sebagai salah satu sumber bagi
historiografi modern maka diperlukan seperangakat alat-alat analisis diantaranya
dengan menggunakan ilmu-ilmu bantu sejarah yang khusus mempelajari
naskah-naskah kuno disebut…..
a.
Bilbliografi
b.
Etnografi d. Epigrafi
c.
Archeivologi e.
Filologi
49.
Dalam
kaitannya dengan sejarah Nasional, maka Sejarah Lokal berkedudukan sebagai…….
a.
Sebuah
unit yang berdiri sendiri
b.
Subsistem
dari system yang lebih besar yaitu
sejarah nasional
c.
Sebuah
unit dengan identitasnya yang berbeda dengan daerah lainnya
d.
Sebuah
unit yang senantiasa mendapat pengaruh dari unsur-unsur dari luar melalui proses penetrasi
e.
Sebuah
system yang meliputi berbagai aspek kehidupan baik sosial, politik, ekonomi,
dan kebudayaan
50.
Penulisan
sejarah nasional bertujuan untuk hal-hal sebagai berikut, kecuali……
a.
Meluruskan
kembali penulisan sejarah yang ada zaman
koloniak terjadipenafsiran sepihak yang bersifat belanda sentris
b.
Memberikan
kejelasan identitas bagi bangsa Indonesia
sebagai bangsa yang merdeka
c.
Sebagai
alat untuk memperkuat rasa kebangasaan
d.
Untuk
membuat karya sejarah sesuai dengan kepentingan dan ideology pemimpin yang sedang berkuasa
e.
Sebagai
sarana untuk mamperkuat rasa persatuan dan kesatuan
0 komentar:
:) :( ;) :D ;;) :-/ :x :P :-* =(( :-o x( :((
:)) :| =)) 8-} :-L B-( ;)) :)] ~x( :-t
Posting Komentar